BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Larat Belakang
Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut
ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis
UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk
jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya
semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol
baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford
Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of
Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara
umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek
ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara
tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
1.2 Rumusan masalah
Dalam makalah ini saya mencoba
membahas beberapa masalah antara lain :
1.
Apa itu internet
2.
Bagaimana sejarah dan pekembangan
internet?
3.
Apa saja Fakta-fakta kemajuan
internet di Indonesia ?
4.
Apa saja fasilitas internet ?
5.
Bagaimana manfaat internet ?
6.
Bagaimana dampak positif dan
negatif dari internet ?
1.3 TUJUAN
Adapun
tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui atau memahami tentang
perkembangan dan kemajuan internet . Dengan membaca tulisan ini di harapkan
kita bisa lebih memahami teknologi informasi , karena bangsa yang maju adalah
bangsa yang menguasai teknologi dan informasi. dengan memahami internet maka
akan mamudahkan kita dalam menyelesaikan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN INTERNET
Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang
terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa
melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial
cable), satelit atau dengan koneksi wireless.
Ketika kita
logon (dalam hal ini terhubung) dengan internet, kita diberikan hak akses ke
komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung juga dengan internet.
Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini internet dapat dihubungi
dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari sebuah komputer notebook. Setelah
terhubung dengan internet kita dapat melakukan beberapa hal, misalnya :
mengirim dan menerima email, chating dengan media text atau suara, berselancar
(surfing) di World Wide Web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi
tertentu.
Secara sederhana, cara kerja Internet sama seperti sistem pos atau
sistem pengantar parcel, kecuali Internet bekerja dengan sangat cepat.Misalnya,
bila sekarang ini kita di Surabaya dan akan berkirim email ke Amerika, setelah
kita tekan tombol Kirim (Send) selanjutnya email kita tadi akan menuju ke mail
server. (Mail server ini biasanya bukanlah komputer yang sedang kita pakai saat
ini, tetapi bagian dari layanan yang ada di Internet, sehingga kita bisa saja
keluar dari Internet setelah menekan tombol Kirim tanpa mengganggu proses
pengiriman email tersebut). Kemudian, mail server kita tersebut akan mencoba
mengontak mail server di Amerika melewati rute Jakarta - Singapura - Jepang -
Amerika atau bila rute tersebut sibuk dapat menngunakan rute Australia -
Amerika.Paket data dalam Internet memiliki ukuran tertentu sehingga bila email
kita tadi cukup besar bisa saja dibagi dalam beberapa paket dan masing-masing
paket dapat dikirim dengan rute yang berbeda. Setelah sampai di Amerika, mail
server di sana akan membangun kembali email kita tersebut menjadi satu bagian
utuh yang siap disajikan.
Bila satelit yang digunakan dalam rute-rute tersebut sibuk maka mail server kita akan mencoba untuk mengirim kembali setelah beberapa saat sampai benar-benar terkirim. Bila sampai maksimum sampai 4 hari lebih (tergantung setting mail server kita) email itu belum bisa terkirim maka akan dikirimkan email pemberitahuan bahwa email kita tidak sampai.
Bila satelit yang digunakan dalam rute-rute tersebut sibuk maka mail server kita akan mencoba untuk mengirim kembali setelah beberapa saat sampai benar-benar terkirim. Bila sampai maksimum sampai 4 hari lebih (tergantung setting mail server kita) email itu belum bisa terkirim maka akan dikirimkan email pemberitahuan bahwa email kita tidak sampai.
2.2 SEJARAH PERKEMBANGAN
INTERNET
Daftar
Kejadian Penting Dalam Perkembangan Internet Tahun Kejadian
- 1957 Uni Soviet (sekarang Russia) meluncurkan
wahana luar angkasa, Sputnik.
- 1958 Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika
Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di
dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects
Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu
pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah
teknologi komputer.
- 1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan
mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan
antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut
mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga
RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi),
yang ditujukan untuk tujuan militer.
- Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching
dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
- Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET
untuk mempromosikan “Cooperative Networking of Time-sharing Computers“,
dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun
1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los
Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
- 1965 Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted
Nelson.
- 1968 Jaringan Tymnet dibuat.
- 1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah
menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk
riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
- 1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan
International Network Working Group(INWG) dibuat untuk meningkatkan
teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk
jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet.Pembicara pertama
dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai “Bapak
Internet“
- 1972-1974 Beberapa layanan basis data
komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank,
dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
- 1973 ARPANET ke luar Amerika Serikat pada
tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa
universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London
dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
- 1974 Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan
spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam
artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection“.
- 1974 Bolt, Beranet & Newman (BBN),
perusahaan kontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari
ARPANET yang mereka sebut sebagai Telnet, yang merupakan layanan paket
data publik pertama.
- 1977 Sudah ada 111 buah komputer yang telah
terhubung ke ARPANET.
- 1978 Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian,
yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
- 1979 Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University
dan University of North Carolina Amerika Serikat.Setelah itu, penggunaan
Usenet pun meningkat secara drastis.Di tahun ini pula, emoticon diusulkan
oleh Kevin McKenzie.
- Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah,
dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.Tahun ini tercatat ARPANET
telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.Layanan BITNET
(Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail,
mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).CSNET (Computer
Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar
pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University ofWashington,
RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science
Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa
layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses
ARPANET.
- 1982 Istilah “Internet” pertama kali
digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protocol universal untuk jaringan
tersebut.Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para
pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui
jalur pasti menujuhost tersebut.Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000
buah host yang tergabung ke Internet.
2.3 FAKTA KEMAJUAN INTERNET INDONESIA TAHUN 2012
Pada Awal bulan Desember 2011 yang lalu, Ada sebuah penelitian yang
dilakukan oleh sebuah agensi survei internasional tentang perkembangan
teknologi di Indonesia, khususnya dalam hal media sosial, internet, dan
perangkat mobile. Secara keseluruhan, laporan tersebut menghasilkan data yang
Paseban tampilkan di bawah ini.
Penelitian ini juga memberikan rincian dari tiga kategori media sosial,
internet, dan perangkat mobile, yang di mana terdapat beberapa fakta menarik
dari perkembangan teknologi di Indonesia.
Fakta
pertama, perkembangan teknologi di Indonesia menunjukkan pengguna internet di
Indonesia sangat tinggi. Mengenai data statistik jumlah pengguna internet ini
terdapat perbedaan antara data Internet World Statsa sebuah situs internasional
yang memiliki fitur up to date tentang penggunaan internet, statistik penduduk,
dan sata statistik mengenai penelitian internet dunia, yang mencakup lebih dari
233 negara ”yang sering menjadi acuan global dengan data lokal milik
SalingSilang.com. Dimana perbedaan tersebut terpaut sangat jauh.
Apabila dilihat dari umur pengguna, laporan perkembangan teknologi di Indonesia ini menunjukkan lebih dari setengah pengguna internet Indonesia berumur di bawah 20 tahun. Apabila dipilah berdasarkan gender, laporan perkembangan teknologi di Indonesia ini menunjukkan pengguna internet di Indonesia kebanyakan Pria.
Apabila dilihat dari umur pengguna, laporan perkembangan teknologi di Indonesia ini menunjukkan lebih dari setengah pengguna internet Indonesia berumur di bawah 20 tahun. Apabila dipilah berdasarkan gender, laporan perkembangan teknologi di Indonesia ini menunjukkan pengguna internet di Indonesia kebanyakan Pria.
Fakta kedua,
perkembangan teknologi di Indonesia menunjukkan bahwa 61% dari total pengguna
internet tersebut online melalui perangkat mobile. Dan apabila tidak melalui perangkat
mobile, kebanyakan pengguna internet di Indonesia akan online melalui jaringan
WiFi yang ada di Cafe.
Fakta
ketiga, memang dari data perkembangan teknologi di Indonesia secara keseluruhan
di atas menyebutkan bahwa pengguna internet hanya 17% dari total penduduk
Indonesia. Namun internet adalah media yang paling banyak digunakan oleh
masyarakat Indonesia dibandingkan media radio atau surat kabar.
Fakta keempat, laporan perkembangan teknologi di Indonesia menyatakan bahwa pengguna internet Indonesia lebih memilih menggunakan media sosial sebagai media komunikasi dibandingkan media lainnya. Dan 89% pengguna internet di Indonesia akan selalu mengunjungi situs media sosial.Tahukah Anda bahwa rata-rata tweet per hari dari pengguna Indonesia adalah 1.293.131. Hal ini berarti 15 tweet dikirimkan oleh pengguna internet Indonesia setiap satu detik.
Fakta kelima dari laporan perkembangan teknologi di Indonesia yang dilakukan oleh agensi survey internasional adalah cukup tingginya minat pengguna internet terhadap konten video di dunia maya. 51% dari seluruh pengguna internet Indonesia streaming atau download konten video online per bulannya. Hasil ini bukanlah suatu yang mengejutkan apabila dilihat dari hit konten video lokal Indonesia di youtube.Apakah Anda suka berbagi foto dan menampilkannya di internet? Dan ada beberapa orang yang menyebut Anda “narsis.” Well, don’t worry about that, karena fakta keenamdari laporan perkembangan teknologi di Indonesia menyatakan Anda bukanlah satu-satunya. Survey menyebutkan bahwa hampir semua, 90%, pengguna internet Indonesia memanfaatkan layanan situs sharing foto.
Fakta keempat, laporan perkembangan teknologi di Indonesia menyatakan bahwa pengguna internet Indonesia lebih memilih menggunakan media sosial sebagai media komunikasi dibandingkan media lainnya. Dan 89% pengguna internet di Indonesia akan selalu mengunjungi situs media sosial.Tahukah Anda bahwa rata-rata tweet per hari dari pengguna Indonesia adalah 1.293.131. Hal ini berarti 15 tweet dikirimkan oleh pengguna internet Indonesia setiap satu detik.
Fakta kelima dari laporan perkembangan teknologi di Indonesia yang dilakukan oleh agensi survey internasional adalah cukup tingginya minat pengguna internet terhadap konten video di dunia maya. 51% dari seluruh pengguna internet Indonesia streaming atau download konten video online per bulannya. Hasil ini bukanlah suatu yang mengejutkan apabila dilihat dari hit konten video lokal Indonesia di youtube.Apakah Anda suka berbagi foto dan menampilkannya di internet? Dan ada beberapa orang yang menyebut Anda “narsis.” Well, don’t worry about that, karena fakta keenamdari laporan perkembangan teknologi di Indonesia menyatakan Anda bukanlah satu-satunya. Survey menyebutkan bahwa hampir semua, 90%, pengguna internet Indonesia memanfaatkan layanan situs sharing foto.
Fungsi blog saat ini telah berkembang menjadi banyak fungsi. Blog dulu
umumnya hanya dimiliki oleh orang yang suka menulis dan ingin mempublish
artikel hasil tulisannya untuk orang lain. Tetapi sekarang foto dan video bisa
menjadi konten utama suatu blog. Juga berkembang menjadi semacam media sosial
dimana para blogger saling berkumpul, sarana pendapatan dengan banyaknya
pengiklan yang bersedia untuk memasang iklannya di blog berpengunjung tinggi,
beberapa menggunakannya menjadi semacam diary online, hingga menjadi portofolio
online.
Perkembangan blog inipun telah menyentuh tanah air, dimana fakta
ketujuh dariperkembangan teknologi di Indonesia menyatakan bahwa terdapat lebih
dari 5 juta blog milik pengguna internet di Negara kita.
Fakta kedelapan yang bisa diambil dari survey perkembangan teknologi di Indonesia ini adalah remaja adalah pengguna internet terbanyak, situs yang paling sering mereka kunjungi adalah media sosial, mereka menyukai media sosial ini sebagai sarana komunikasi dibandingkan media lainnya, dan mereka lebih suka mengunjunginya melalui ponsel.
Fakta kedelapan yang bisa diambil dari survey perkembangan teknologi di Indonesia ini adalah remaja adalah pengguna internet terbanyak, situs yang paling sering mereka kunjungi adalah media sosial, mereka menyukai media sosial ini sebagai sarana komunikasi dibandingkan media lainnya, dan mereka lebih suka mengunjunginya melalui ponsel.
Mungkin Anda semua telah mengetahui bahwa Indonesia telah lama
menduduki posisi kedua sebagai pengguna media sosial terbesar di dunia. Dan
sebuah Global Web Index Survey yang diadakan baru-baru ini menunjukkan bahwa
pengguna internet Indonesia, bersama dengan Filipina, adalah “the most social
people on earth.”
2.4 FASILITAS DI INTERNET
Berikut ini
beberapa fasilitas terpenting yang disediakan di Internet, antara lain :
- Electronic Main atau e-mail.
Email adalah surat atau pesan
elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer.
Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online
dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.
Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi
sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi.
Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa
orang sekaligus. Berkirim dan menerima email, saat ini sudah menjadi hal yang
umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di
seluruh dunia dengan fasilitas email ini, asalkan sudah memiliki alamat email
tertentu.
contoh alamat email : duik@peter.petra.ac.id, steam2002@hotpop.com
contoh alamat email : duik@peter.petra.ac.id, steam2002@hotpop.com
2. Discussion Group.
Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang
sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk
saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita
dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai
dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan
artis.
3. Maling List.
3. Maling List.
Mailing List atau sering disebut
milis di kalangan neter Indonesia, adalah salah satu jenis discussion group di
Internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimkan email pada list
address. Setiap email yang masuk kemudian akan dikirim balik ke setiap member
milis tersebut. Untuk menjadi member sebuah milis dimulai dengan mengirim email
ke subsription address. Setelah menjadi member kita bisa menerima email dari
yang lain dan juga mengirimkan email ke milis.
Contoh alamat milis :
4. Newsgroups.
Newsgroups adalah juga salah satu discussion groups
yang ada di internet. Tidak seperti milis, newsgroups menggunakan komputer
jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Setiap komputer terdapat beberapa
newsgroup. Setiap newsgroups diatur berdasarkan satu topik general yang
kemudian dibagi menjai beberapa subtopik dibawahnya.
contoh newsgroup : rec.arts.cinema
rec adalah topik utama, arts adalah subtopik dan
cinema sub-subtopik.
5. FTP
5. FTP
FTP atau File Transfer Protocol,
adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita
dengan server di internet. Cukup banyak server di internet yang menyediakan
layanan ini sehingga kita bisa mengkopi file-file di server ke komputer kita,
hal ini yang disebut download. Selain itu kita juga bisa mengkopi file-file di
komputer kita ke server di internet, hal ini disebut dengan upload.
6. Telnet
6. Telnet
Beberapa server di internet
memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang
diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan
server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan
lokal.
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan
telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.
7. Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat
lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan
informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk
mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP
untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
7.World Wide Web
WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling
cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang
disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server.
Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat
lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat
World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML
(skrip halaman web).
2.5
MANFAAT
INTERNET
a. Pemanfaatan
INTERNET dalam Dunia Pendidikan
Manfaat Internet sebagai salah satu media
terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan di
Indonesia khususnya.
Teknologi internet hadir sebagai media / sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Dengan adanya aplikasi teleconference, INTERNET juga dapat hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
Teknologi internet hadir sebagai media / sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Dengan adanya aplikasi teleconference, INTERNET juga dapat hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
a.
sebagai media interpersonal dan
massa
b.
bersifat interaktif
c.
memungkinkan komunikasi secara sinkron
maupun asinkron
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.
Teknologi INTERNET menunjang para pelajar yang mengalami keterbatasan
ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Mereka tetap dapat
berkomunikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan
chatting. Mailing list dapat dimanfaatkan sebagai media diskusi, dimana pakar /
pengajar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metode ini mampu
menghilangkan jarak antara pakar / pengajar dengan pelajar. Suasana yang hangat
dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang
efektif.
Beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain :
Beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain :
Ø
arus informasi tetap mengalir
setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat
Ø
kemudahan mendapatkan resource
yang lengkap
Ø
aktifitas pembelajaran pelajar
meningkat
Ø
daya tampung meningkat
Ø
adanya standardisasi pembelajaran
Ø
meningkatkan learning outcomes
baik kuantitas maupun kualitas
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan
bahwa INTERNET bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih
bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya
saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Media diskusi konvensional mengalami
modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.
Manfaat INTERNET dalam Dunia Usaha
Dengan
semakin berkembangnya INTERNET sekarang ini, semakin berkembang pula
pemanfaatan INTERNET dalam upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Salah
satunya adalah memanfaatkan INTERNET dalam dunia usaha mereka. Dengan semakin
banyak orang yang memanfaatkan/menggunakan INTERNET, juga membuka peluang
tersendiri. Seperti peluang untuk menyediakan jasa layanan INTERNET ( ISP ),
warung INTERNET ( warnet ), VoIP ( voice over internet protocol ), dan lain
sebagainya.
b. Manfaat
INTERNET dalam Pemasaran Barang dan Jasa
Banyak sekali manfaat INTERNET bagi perusahaan atau para produsen
barang maupun jasa. Banyak sekali perusahaan atau para penyedia barang dan jasa
akhir-akhir ini menggunakan media INTERNET untuk memasarkan barang dan jasa
mereka. Dengan menggunakan media ini banyak kelebihan yang didapatkan oleh
perusahaan dengan membangun sebuah halaman web perusahaan mereka masing-masing.
Keuntungan dari web tersebut antara lain :
·
Web dapat memantapkan kehadiran
perusahaan di dunia bisnis.
·
Web memberikan kesempatan bagi
perusahaan memasuki jaringan yang lebih global.
·
Web menyediakan informasi bisnis
untuk pelanggan dan masyarakat secara luas.
·
Web dapat memberikan pelayanan
kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif.
·
Web dapat meningkatkan minat
masyarakat terhadap produk maupun perusahaan.
·
Web menjadi sarana pemberitaan
informasi yang sensitif terhadap waktu.
·
Web juga dapat dijadikan sarana
menjual produk atau tempat transaksi.
·
Web dapat menyajikan informasi
secara interaktif dengan memanfaatkan multimedia.
·
Web mampu mencapai pasar ditinjau
secara demografi sesuai dengan yang diinginkan.
·
Web menjadi saran untuk
tanya jawab antara pelanggan dengan perusahaan atau sering disebut
frequently asked question (FAQ)
·
Web dapat memberikan kesempatan
kepada pelanggan untuk melakukan kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya
secara langsung dengan fasilitas chat online ataupun yang lainnya.
·
Web membuka kemungkinan bagi
perusahaan memasuki pasar internasional.
·
Web dapat menciptakan pelayanan
24 jam.
·
Web memungkinkan melakukan
perubahan informasi yang tersedia dengan cepat.
·
Web akan memberikan kesempatan
pelanggan untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan.
·
Web dapat dijadikan ajang uji
coba terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.
- Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
- Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
·
Web dapat mencapai pasar yang
terspesilisasi.
·
Web juga dapat digunakan untuk
memberikan pelayanan kepada pasar lokal.
Selain manfaat INTERNET bagi para penyedia barang dan jasa di atas, juga menjadi suatu kemudahan bagi para pelanggan atau para pencari barang ataupun jasa, antara lain :
Selain manfaat INTERNET bagi para penyedia barang dan jasa di atas, juga menjadi suatu kemudahan bagi para pelanggan atau para pencari barang ataupun jasa, antara lain :
·
Katalog produk secara elektronis
·
Komunikasi pertukaran informasi
antara satu pelanggan dengan pelanggan yang lain.
·
Mempermudah pencarian produk
·
Transaksi secara elektronis,
sehingga akan mempermudah bagi pelanggan yang mempunyai waktu terbatas.
·
Penghematan waktu dan biaya dalam
membeli barang.
·
Sumber informasi update barang
atau jasa, dan sebagainya.
c. Manfaat
INTERNET dalam Menciptakan Lapangan Usaha yang Baru
Dengan
semakin luas perkembangan dunia INTERNET, dan juga semakin banyak orang
mambutuhkan layanan INTERNET, maka timbullah peluang usaha yang baru antara
lain :
·
Warung internet ( warnet )
·
Telepon dengan teknologi VoIP
·
Penyedia layanan INTERNET / ISP (
Internet Service Provider )
·
Dan lainnya
d. Pemanfaatan
Internet dalam Pemerintahan
Pemanafaatan INTERNET dalam suatu
institusi dapat membuat pekerjaan semakin efektif. Untuk dinas pemerintahan,
internet akan sangat membantu dalam menyukseskan program e- government. Dalam
e-government, internet menjadi teknologi yang berperan dalam proses penyediaan
dan transfer informasi dari pemerintah kepada pihak lain, misalnya warga
masyarakat, ataupun sebaliknya.
Dengan porogram e-goverment tersebut, suatu dinas pemerintahan lokal maupun nasional, dapat mempresentasikan keunggulan dan potensi-potensi daerah masing-masing, seperti potensi usaha, potensi pariwisata, kekayaan dan sumber daya alam, dan sebagainya. Sehingga akan sangat membantu pelayanan terhadap masyarakat luar maupun masyarakat setempat yang membutuhkan informasi tentang daerah yang dimaksud.
Dengan porogram e-goverment tersebut, suatu dinas pemerintahan lokal maupun nasional, dapat mempresentasikan keunggulan dan potensi-potensi daerah masing-masing, seperti potensi usaha, potensi pariwisata, kekayaan dan sumber daya alam, dan sebagainya. Sehingga akan sangat membantu pelayanan terhadap masyarakat luar maupun masyarakat setempat yang membutuhkan informasi tentang daerah yang dimaksud.
Dengan demikian, secara tidak langsung akan
membantu perkembangan suatu daerah, dalam hal ekonomi, sosial, kebudayaan, dan
yang lainnya. Orang luar akan dapat mengetahui peluang-peluang usaha di suatu
daerah dengan mudah melalui e-goverment. Begitu juga masyarakat setempat akan
dapat mempresentasikan kekayaan atau produk-produk daerah setempat, sehingga
masyarakat luar dapat mengetahuinya.
e. Manfaat
INTERNET bagi Masyarakat
Di zaman
sekarang, dengan mudahnya masyarakat bisa mendapatkan layanan INTERNET. Banyak
penyedia layanan INERNET menawarkan layanan mereka dengan berbagai pilihan yang
sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya. Warung Internet ( warnet ) pun sudah
semakin banyak didirikan. Semua itu dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan
masyarakt akan jasa layanan INTERNET.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dari INTERNET. Kita dapat memproleh informasi tentang segala sesuatu yang kita inginkan melalui INTERNET. Dengan INTERNET, kita dapat memperoleh perkemangan berita lebih cepat, informasi lowongan kerja, informasi teknologi terbaru, untuk tukar pendapat dengan orang lain, untuk berkomunikasi dengan teman atuau saudara yang jauh jaraknya, dan lain sebagainya.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dari INTERNET. Kita dapat memproleh informasi tentang segala sesuatu yang kita inginkan melalui INTERNET. Dengan INTERNET, kita dapat memperoleh perkemangan berita lebih cepat, informasi lowongan kerja, informasi teknologi terbaru, untuk tukar pendapat dengan orang lain, untuk berkomunikasi dengan teman atuau saudara yang jauh jaraknya, dan lain sebagainya.
Secara umum, manfaat INTERNET bagi mayarakat yaitu
dapat menambah wawasan masyarakat tentang perkembangan informasi dunia luar.
2.6 DAMPAK INTERNET
a.
Dampak Positif :
1.
Internet sebagai media
komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana
setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari
seluruh dunia.
2.
Media pertukaran data, dengan
menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan
situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepat dan murah.
3.
Media untuk mencari informasi
atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu
sumber informasi yang penting dan akurat.
4.
Kemudahan memperoleh informasi
yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5.
Bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.
b. Dampak
Negatif :
- Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik
dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi
yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal
ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan
untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat
gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada
seseorang untuk bertindak kriminal.
- Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan.
Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para
pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs
mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
- Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet
pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak
mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada
penyedia informasi tersebut.
- Carding
Karena sifatnya yang langsung, cara belanja dengan
menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia
internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam
bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya
transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang
digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
- Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan
jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk
memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena
umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari
pengunjungnya.
Ø Mengurangi sifat sosial manusia karena
cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara
langsung (face to face).
Ø Dari sifat
sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam
berinteraksi.
Ø Kejahatan
seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut
berkembang).
Ø Bisa membuat
seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan
uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Internet merupakan
sebuah revolusi yang merubah ekonomi dan
sosial dunia kita. Negara-negara berlomba-lomba untuk
mengambil keuntungan dari pengadopsian teknologi internet ini. Untuk itu
berbagai penelitian berusaha mengungkap
faktor-faktor yang bisa mempercepat pengadosian
internet. Makalah in berusaha merangkum penelitian yang telah dilakukan
dalam perkembangan internet dan juga menjelaskan kondisi perkembangan
internet di negara-negara di dunia.
B. SARAN
Sebaiknya menggunakan
referensi yang lebih akurat agar dapat menunjang para pembacanya,agar dapat
mengetahui sejarah perkembangan internet di indonesia serta mengetahui dampak
positif dan negatif perkembangan internet di indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
http://witri-doppie.blogspot.com/2014/01/makalah-perkembangan-dan-kemajuan.html
Andi Mujahidin (Sumber : Wikipedia Indonesia)
Niken (Sejarah Internet,
Perkembangan Internet, Pengaruh Perkembangan Internet)
Rabu, 04 November 2009,
Ditulis oleh Administrator (PemanfaatanINTERNET dalam Dunia Pendidikan)
Baccarat - Best Online Casino at Real Money Casinos
BalasHapusLearn how to 바카라 play Baccarat Online. Learn everything you need to know before playing and make your first deposit. Baccarat is a game of skill, not skill.